Tuesday, September 16, 2008
Aktifitas si Kecil...




Assalamu 'alaikum Wr.Wb.

Dear All,

Sekian lama saya tidak posting, terkadang kangen juga untuk beredar di dunia maya, mengarang cerita dan berbagi rasa dengan sesama blogger yang tercinta. Sekali lagi, mumpung masih dalam suasana puasa, kami sekeluarga mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal dan ibadah kita selama ini diterima-Nya. Semoga juga kita senantiasa bertekad untuk selalu melakukan perbuatan yang baik dan diridloi-Nya, serta senantiasa dalam lindungan-Nya... amiin.

Sekedar intermezo, berikut akan kami sampaikan kegiatan Nadia selama ini, dengan semakin besarnya Nadia (sekarang berumur 3,4 th), Nadia sudah minta untuk ikut dalam kegiatan sekolah, meskipun hanya Playgroup. Ada beberapa hal yang menarik dari kegiatannya selama ini. Dari awal yang hanya mencorat-coret tembok rumah dengan crayon (sudah menghabiskan 3 set crayon) berupa pemandangan abstrak imaji anak, akhirnya sekarang ini berkembang menjadi gambar beraliran naturalis khas anak-anak.

Mungkin ada orang tua yang beranggapan bahwa ekspresi anak menggambar harus disalurkan ke media yang benar, seperti pada kertas ataupun media gambar lainnya. Namun, bagi kami hal tersebut tidak berlaku (mungkin ada yang tidak setuju dengan pendapat ini). Sebagai contoh, dengna membiarkan anak berkreasi tanpa batasan media dsb, terbukti Nadia bisa mengerti (bukan menghafal) seluruh warna pada saat dia berumur 2 tahun.. dari merah, jingga (orange) sampai ungu, semua dimengertinya.. jadi bukan hanya warna-warna primer saja yaitu merah, hijau, dan kuning.

Setelah berumur 3 tahun, Nadia kami bimbing untuk menggambar dengan berdasarkan logika. Istilahnya menggambar dengan bentuk yang proporsional. Jika menggambar orang, maka harus diberi rambut, mata, hidung, bibir, badan, kaki dsb. Jika menggambar bunga ya harus dengan tangkai dan daunnya. Dengan pelatihan ini, kami harapkan si kecil bisa mengerti bahwa segala sesuatu yang dihadapi nantinya harus diperhatikan secara detil termasuk dalam hal perencanaan. Jadi kami mengharap Nadia bisa belajar untuk mengerti secara keseluruhan (meskipun jauh dari sempurna), bukan hanya melihat sekilas. Sehingga ketergesaan yang bisa berakibat dengan kecerobohan bisa diantisipasi sebelumnya.

Ada hal menarik yang membuat kami terkejut, yaitu kemampuan daya ingat anak yang ternyata begitu peka. Saya pernah membelikan dia CD berupa pelajaran bentuk bangun, warna, huruf dan pengenalan alam yang memberikan informasi beragam tentang hal tersebut (dalam bahasa Inggris) ternyata suatu saat yang tidak pernah saya perkirakan, Nadia bertanya kepada saya tentang warna-warna. Kemudia dia menyebutnya dalam bahasa Inggris yang kesemuanya benar. Bahkan pada saat saya bolak-balik Inggris-Indonesia maupun Indonesia-Inggris, dia bisa mengerti padan katanya. Ini hal terbaru yang merupakan pelajaran bagi anda yang mempunyai anak kecil -- bahwa pelajaran visual (dari CD-TV) ternyata lebih mudah dimengerti dari pada pelajaran book oriented --Bagi anda yang sudah mempunyai anak harap berhati-hati dalam menonton TV karena imbasnya sangat besar bagi kemampuan anak dalam menstimulasi otaknya.

Berikut ini kami sampaikan beberapa gambar Nadia yang dicoretkannya di tembok rumah kami. Dari urutannya, yaitu Bunga, Bapak, Ibu, dan Nadia... anda mungkin akan tertawa melihat gambar tersebut, tetapi bagi kami ini merupakan Nadia's achievement terbesar yang bisa ditorehkannya dalam umur yang masih menginjak 3 tahun.

Demikian posting untuk kali ini, nanti akan kami sambung lagi dengan topik yang lain...

Wassalam
posted by hamiseno @ 10:11 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
Hamiseno Family About parenting and Children care Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
about me
Name:
Location: Semarang, Indonesia

Sagitarius "Life is like time circle which is running and rolling everyday, it's only how we take it for granted and face to the future"

Udah Lewat
Archives
Friendster

Free shoutbox @ ShoutMix
Family album

  • Family Album
  • Links
      Kingdom of Heaven
    Para Sahabat
    Anda tamu ke

    free web counter

    INTERNET DIBAYAR
    Template by
    Free Blogger Templates