Thursday, January 26, 2012
Salman Khan...mutiara pendidikan

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.


Dear All,

Sudah lama tidak update blog tercinta ini, mohon maaf jika ada kekurangannya.
Lama tidak posting sesuatu, hari ini secara tidak sengaja mendapatkan info dari teman tentang adanya mutiara imigran dari India yang sukses di Amerika, bahkan Bill Gates sang maestronya Microsoft mengaguminya.

Siapa Salman Khan? Khan terjun di dunia pendidikan tanpa sengaja. Dia lahir dan besar di New Orleans. Khan putra imigran berdarah Bangladesh dan India. Di bangku kuliah, Khan adalah bintang. Dia punya tiga gelar dari universitas ternama di Amerika Serikat: MBA dari Harvard, bachelor of science bidang matematika dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), serta bachelor dan master dari MIT untuk bidang kelistrikan. Dia sempat menjadi presiden kelas di MIT.

Khan jatuh cinta kepada kegiatan mengajar setelah ia menjadi guru sukarelawan untuk anak-anak Brooklyne. Ini adalah anak-anak yang mengalami sindrom attention deficit disorder, yang kesulitan memusatkan fokus perhatian. Dia juga tersentuh ketika keponakannya, yang kelas VII, bertanya soal konversi berat dalam kilogram.

Khan pun mulai membuat tutorial dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Ia hanya menggunakan software Yahoo Doodle dan Microsoft Paint berteknologi rendah untuk membuat sketsa, dengan latar belakang hitam dan garis-garis berwarna cerah dan persamaan ketika ia bekerja melalui penjelasannya. Video pertama yang ia buat adalah pelajaran mengonversi gram untuk kilogram yang awalnya hanya ditujukan bagi sepupunya itu. Sejak itulah kecanduan mengajar di sekolah online dimulai.


"Orang ini luar biasa," kata Gates dalam surelnya. "Dia mengerjakan banyak hal dengan sumber daya yang amat terbatas." Mengapa Khan begitu dikagumi Bill Gates? Gates dan anak laki-lakinya yang berumur 11 tahun, Rory, terpana oleh video-video pendidikan bikinan Khan, dari video aljabar sampai biologi. Yang membuat kagum Gates adalah sosok Khan yang meninggalkan dunia gemerlap sebagai manajer investasi beralih menjadi guru yang mendidik jutaan orang lewat video Internet. "Keindahan dari pengajaran Khan adalah konsistensi dia," ujar Gates.

Mau lihat pengantar Salman dalam webnya...ini dia....

A free world-class education for anyone anywhere.

The Khan Academy is an organization on a mission. We're a not-for-profit with the goal of changing education for the better by providing a free world-class education to anyone anywhere.

All of the site's resources are available to anyone. It doesn't matter if you are a student, teacher, home-schooler, principal, adult returning to the classroom after 20 years, or a friendly alien just trying to get a leg up in earthly biology. The Khan Academy's materials and resources are available to you completely free of charge.



Ingin belajar sesuatu dari Khan? berikut saya sampaikan link tutorialnya.....Gratis....Khan academy. Dia sematkan segala hal...dengan syarat..kita harus bisa berbahasa Inggris...itu saja.

Benar-benar pahlawan pendidikan yang tidak mengharapkan apapun dengan segala pengabdiannya...kapankah orang seperti ini berasal dari Indonesia?

Wassalam...
posted by hamiseno @ 1:12 AM  
2 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
Hamiseno Family About parenting and Children care Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
about me
Name:
Location: Semarang, Indonesia

Sagitarius "Life is like time circle which is running and rolling everyday, it's only how we take it for granted and face to the future"

Udah Lewat
Archives
Friendster

Free shoutbox @ ShoutMix
Family album

  • Family Album
  • Links
      Kingdom of Heaven
    Para Sahabat
    Anda tamu ke

    free web counter

    INTERNET DIBAYAR
    Template by
    Free Blogger Templates