Thursday, June 28, 2007
Metode Horisontal II


Assalamu 'alaikum Wr.Wb.

Dear all,

Setelah sekian lama akhirnya saya punya waktu tuk posting lanjutan dari yang kemarin yaitu Metode Metris. Tampilan di bawah ini saya dapatkan dari "Seminar Metris : Lompatan Besar dalam sempoa termutakhir hitung cepat dan Smart" yang isinya hanya saya ambil sebagian untuk mengisi postingan kali ini. Saya harapkan semoga bisa berguna bagi kita para orang tua untuk membantu anak kita menguasai matematika terutama dalam hal berhitung.

Dalam postingan kemari sudah sedikit saya bahas dua hal yaitu Metode Vertikal dan Metode Horisontal. Untuk kali ini saya tambahkan beberapa contoh penghitungan dengan dua metode tersebut.

1. Metode Vertikal

Contoh soal perkalian kwadrat yang akan dipecahkan adalah bilangan puluhan di mana salah satunya mempunyai angka lima baik itu satuan ataupun puluhan.

a.85^2=__

85

85

---- x

Cara mengerjakannya adalah 5 x 5 = 25

8 x 5 = 40

8 x 5 = 40

8 x 8 = 64

Hasil terakhir ditambahkan hasilnya adalah 7225


b.57^2= 57

57

---- x

7 x 7 = 49

5 x 7 = 35

5 x 7 = 35

5 x 5 = 25

---- +

3249

Maaf model ini saya tulis begini karena waktu saya buat kebawah ternyata merusak konfigurasi html saya jadinya ya seperti ini saja… semoga bisa dipahami.

2. Metode Horisontal

Contoh soal perkalian kwadrat yang akan dipecahkan adalah bilangan puluhan di mana salah satunya mempunyai angka lima baik itu satuan ataupun puluhan dengan menggunakan portal matematik khusus.

a. Portal kwadrat model perkalian (a5)^2, yaitu

(a5)^2 = a.(a+1)I 25

soal: 85^2 = 8.(8+1)I 25 = 8.9 I 25 = 7225

b. Portal kwadrat model perkalian (5a)^2, yaitu

(5a)^2 = 25 + a I a^2

soal: 57^2 = 25 + 7 I 49 = 32 I 49 = 3249

Dari contoh 1 dan 2 dapat dilihat bahwa pemecahan soal dengan model perkalian kwadrat seperti di atas akan lebih cepat dan mudah apabila menggunakan metode horisontal dari pada metode vertikal. Hal ini disebabkan metode horisontal dapat membentuk model portal matematik yang membuat proses operasi aritmatik menjadi lebih efisien.

Kalau anda ingin lebih jelas masalah Metode Metris, bisa saja menghubungi langsung ke http://sigmetris.com (ikutan mromosiin nih), soalnya dia mempunyai hak paten yang nggak bisa digaggu gugat. Bagi pembaca yang berminat mau menghubungi ke situs tersebut.

Ok, see you soon n b here with another article...

Wassalamu 'alaikum Wr.Wb.


posted by hamiseno @ 12:48 AM  
1 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
Hamiseno Family About parenting and Children care Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
about me
Name:
Location: Semarang, Indonesia

Sagitarius "Life is like time circle which is running and rolling everyday, it's only how we take it for granted and face to the future"

Udah Lewat
Archives
Friendster

Free shoutbox @ ShoutMix
Family album

  • Family Album
  • Links
      Kingdom of Heaven
    Para Sahabat
    Anda tamu ke

    free web counter

    INTERNET DIBAYAR
    Template by
    Free Blogger Templates